Iklan

5 Cara Mengatasi Sinyal yang Lemah di HP Android Agar Kembali Normal

mengatasi sinyal anndroid yang lemah

SelubunPada zaman modern sekarang, sebagian besar dari kita sangat membutuhkan yang namanya sinyal. Sinyal itulah salah satu jembatan penguhubung kita dengan dunia luar nan jauh disana. Dengan sinyal, kita bisa berinteraksi dengan menelpon, ber-chatting di sosial media, maupun mencari informasi melalui internet dengan menggunakan smartphone ataupun komputer.

Namun, yang namanya teknologi pasti memiliki kelemahan. Terkadang ada suatu kondisi, dimana sinyal di tempat kita kurang kuat atau atau bahkan hilang sama sekali. Dan pastinya hal tersebut membuat kesal hati kita, karena bisa menganggu dan menghambat aktivitas online yang kita lakukan.
Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik jitu untuk menghadapi masalah lemahnya sinyal. Bagaimana caranya? Berikut akan kami sajikan 5 cara mengatasi sinyal yang lemah di Android agar kembali normal. Silahkan disimak!

1. Menghidupkan Mode Pesawat dan Mematikannya Kembali

Nah, langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sinyal yang kurang kuat adalah dengan menyalakan mode pesawat untuk beberapa detik, kemudian mematikannya kembali. Ini dilakukan untuk me-restart pencarian sinyal oleh operator kartu prabayar anda. Namun, jika anda telah melakukan trik diatas namun kondisi sinyal masih belum ada perubahan, berarti wilayah yang anda tempati memang tidak didukung oleh provider yang anda gunakan. Jika begini, satu-satunya cara ialah anda harus mengganti provider yang mendukung di daerah anda berada.

2. Mencari Lokasi dengan Sinyal yang Lebih Kuat

Cara mengatasi sinyal yang kurang kuat di android berikutnya ialah dengan mencari lokasi dimana sinyal tersebut kuat. Umumnya, masyarakat yang memiliki masalah dengan sinyal di smartphonenya akan berkeliling sembari melihat perubahan sinyal pada smartphonenya, dan berhenti ketika telah mendapat sinyal. Lokasi-lokasi yang hamper pasti di datangi oleh masyarakat yang mencari sinyal ialah di sekitaran menara BTS ataupun daerah-daerah tinggi. Ini dikarenakan dua daerah tersebut memiliki tingkat probabilitas dimana sinyal menjadi lenbih kuat karena dekat dengan pencari sinyal.

3. Me-Restart Router Wi-Fi

Mungkin jarang sekali ada orang yang mengeluh tentang masalah yang terjadi pada sinyal Wi-Fi, namun yang namanya teknologi pasti ada saja kelemahannya. Tak ayal, sinyal Wi-Fi yang terkenal jarang bermasalah, faktnya sesekali juga pernah mengalami kondisi sinyal lemah. Beberapa masalah yang menyebabkan lemahnya sinyal Wi-Fi anda antara lain; jauhnya posisi anda dari router dan banyakanya orang yang menggunakan sinyal Wi-Fi pada router tersebut.

Namun bagaimana jika anda sudah dekat dengan router dan sepi yang menggunakannya, namun sinyal masih lambat? Cukup restart router anda. Ini akan menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi lemahnya sinyal, karena router akan kembali perlahan mencari sinyal yang kuat agar bisa terhubung dan setelah beberapa menit, cobalah kembali sinyal Wi-Fi yang anda gunakan.

4. Mengecek Kembali Spesifikasi Smartphone yang Digunakan

Kesalahan paling umum dan fatal yang kita lakukan ketika membeli kartu paket internet ialah tidak mengecek spesifikasi smartphone yang kita gunakan. Pada zaman sekarang, sinyal tercepat dalam menjelajah internet ialah sinyal 4G, yang menyebabkan provider mengalokasinya sinyal ke 4G.

Namun beberapa smartphone lama tidak mendukung sinyal 4G, sehingga ketika kita menggunakan paket internet, data seluler tidak terhubung karena spesifikasi smartphone yang tidak mendukung. Oleh karena itu akan lebih bak jika kita mengecek kembali spesifikasi smartphone kita sebelum membeli paket Internet agar sinyal tidak hilang atau lemah. Akan lebih baik jika anda menggunakan kartu yang mendukung sinyal 3G karena bisa dipakai oleh smartphone lama ataupun baru, sehingga tidak menyulitkan anda.

5. Mengunduh Aplikasi Penguat Sinyal

Cara mengatasi sinyal yang kurang kuat di Android terakhir ialah dengan meng-install aplikasi di Playstore yang dapat membantu menguatkan dan meningkatkan kapasistas sinyal yang didapat. Beberapa aplikasi penguat sinyal dapat anda temukan dan anda install secara gratis di Playstore.

Aplikasi yang anda install secara gratis mungkin tidak bisa meningkatkan sinyal secara signifikan pada smartphone anda, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba, bisa jadi anda beruntung dan sinyal di smartphone anda meningkat tanpa perlu anda mengeluarkan uang sepeserpun. Namun, disarakan bagi anda untuk menggunakan aplikasi berbayar dikarenakan fitur-fiturnya yang lengkap dan lebih terjamin dalam meningkatkan sinyal pada smartphone anda.


Nah, itulah 5 diatas beragam cara mengatasi sinyal yang sering hilang di Android agar kembali normal. Seperti yang kita ketahui bersama, sinyal di era sekarang sangatlah penting keberadaannya karena dibutuhkan oleh hampir seluruh masyaratak pengguna smartphone untuk beraktivitas. Jadi, sudah sangat wajar,  banyak orang melakukan berbagai cara demi mendapat sinyal yang kuat. Nah, semoga informasi diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengatasi Sinyal yang Lemah di HP Android Agar Kembali Normal"

Post a Comment