Iklan

Cara Memperbaiki Lensa Kamera Yang Buram di HP Android Agar Terlihat Jelas dan Bersih

cara memperbaiki lensa android yang buram

Selubun : Saat ini, menggunakan smartphone dengan camera bagus merupakan salah satu kebutuhan primer bagi banyak orang. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan kualitas camera smartphone, mulai yang dulunya hanya mempunyai resolusi 1,3 MP hingga sekarang ini ada yang mencapai diatas 20 MP. Dengan makin besarnya jumlam Mp yang ada sekarang ini, tentunya makin menunjang dalam mengabadikan momen penting, baik bersama teman, keluarga ataupun pasangan.

Namun sayangnya, tak sedikit pengguna kamera android yang mengeluhkan hasil jepretannya terlihat buram atau kurang bening, padahal mereka telah menggunakan camera dengan resolusi yang cukup tinggi. Nah, tentunya sangat menjengkelkan bukan jika mengalami hal tersebut. Sudah membeli smartphone mahal-mahal, dengan harapan kameranya bagus, namun yang didapat malah seperti itu.
Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil jepretan yang tidak bagus atau buram. Salah satunya adalah kualitas camera smartphone Android yang kurang bagus. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat disebabkan oleh lensa camera Android yang tergores serta terkontaminasi debu dan kotoran.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Apabila Anda mengalami masalah hasil jepretan yang buram dan tidak bening, sebaiknya jangan panik dulu. Ketahui dulu beberapa penyebab lensa camera Android buram dan trik memperbaiki lensa camera agar bening, seperti  ulasan yang kami bagikan di bawah ini.

Penyebab Lensa Camera Android Buram


Berikut ini beberapa beberapa penyebab lensa camera Android buram dan trik memperbaiki lensa camera agar bening. Silahkan disimak

1. Lensa Camera Android Terkontaminasi Kotoran

Penyebab utama camera Android buram adalah karena terdapat kotoran yang menempel di lensa kamera sehingga menyebabkan hasil foto menjadi buram dan tidak maksimal.

Nah, untuk masalah ini, solusi atau tips memperbaiki lensa camera agar bening kembali adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah membuka casing handphone luar, sehingga tampak lensa bagian dalam. Setelah itu, sedikit demi sedikit tuang minyak kayu putih pada tisu. Kemudian gosok secara perlahan tisu tersebut ke lensa bagian dalam hingga kotoran terangkat dari permukaan lensa.

2. Tutup Lensa Camera Android Tergores

Apakah Anda gemar membawa smartphone Android kemana-mana, seperti saat makan, ke kamar mandi atau bahkan sampai ke tempat tidur? Jika iya, sebaiknya Anda jangan menaruh Android kesayangan di sembarang tempat, khususnya tempat-tempat dengan permukaan kasar.

Meletakkan handphone Android Anda dengan sembarangan, apalagi di atas permukaan yang kasar dapat menyebabkan tergoresnya tutup lensa camera. Apabila lensa camera Android tergores, maka akan mengakibatkan hasil foto menjadi blur atau buram.

Nah, untuk solusinya, silahkan Anda coba mengatasi masalah tutup lensa Android yang tergores dengan trik mudah berikut ini.

Gunakan motom atau sillikon sebagai pelindung serta langkah pencegaan agar tutup lensa tidak tergores.
Jika sudah terdapat goresan pada tutup lensa, maka Anda dapat menghilangkan goresan tersebut dengan cara mengoleskan pasta gigi pada bagian depan lensa camera. Cukup oleskan sedikit saja.
Setelah itu, gosok dengan perlahan dan hati-hati. Trik memperbaiki lensa camera agar bening ini bisa menghilangkan goresan halus yang terdapat pada permukaan lensa luar. Namun, pastikan Anda menggunakan pasta gigi putih, bukan pasta gigi gel.
Apabila cara-cara di atas masih belum dapat menghilangkan goresan di lensa camera, maka atasi masalah tersebut dengan mencongkel tutup lensa camera dengan menggunakan silet.
Kemudian Anda dapat menggantinya dengan tutup lensa yang baru. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan selotip berwarna bening agar lebih hemat dan tidak mengeluarkan biaya.

3. Lensa yang Berembun

Lensa yang berembun merupakan salah satu penyebab lensa camera Android buram. Untuk itu, hindari meletakan handphone Android pada tempat yang lembab. Untuk mengatasi masalah lensa yang berembun, maka yang pertama harus Anda lakukan adalah mematikan handphone Android serta melepas baterainya. Kemudian keringkan dengan memakai hair dryer pada lubang di sisi kiri dan kanannya. Hal ini dilakukan agas suhu Android stabil dan tidak muncul embun lagi.

4. Debu Menempel Pada Lensa

Tanpa anda sadari, debu dapat menempel pada lensa camera Android, apalagi jika Anda meletakannya secara sembarangan. Hal ini tentu saja menyebabkan hasil foto menjadi buram.

Pada masalah debu yang menempel pada lensa camera Android, solusinuya Anda dapat mencoba membersihkannya kaca penutup lensa dengan menggunakan kain yang lembut dan bersih.

Demikianlah ulasan tentang beberapa penyebab lensa camera Android buram dan trik memperbaiki lensa camera agar bening. Pastikan jika masalah hasil jepretan yang buram dikarenakan oleh lensa camera dan bukan berasal dari perangkat kamera Android itu sendiri. Selain itu, sebaiknya Anda jaga baik-baik smartphone Anda, jangan meletakkannya di sembarang tempat sebab mencegah kerusakan pada lensa lebih baik dibanding dengan memperbaikinya. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Lensa Kamera Yang Buram di HP Android Agar Terlihat Jelas dan Bersih"

Post a Comment