Iklan

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Kasus Tidak Bisa Login ( Error ) Akun Google di Android

mengatasi playstore android yang error

Selubun : Suatu ketika, mungkin karena satu atau lain hal, anda terpaksa harus melakukan factory reset pada smartphone anda. Semua memang kembali baik, namun ketika anda mencoba masuk ke akun Google, tiba-tiba muncul pesan yang berbunyi ”Couldn't sign in. There was a problem communicating with Google servers. Try again later”

Nah, lho? Apa yang terjadi? Padahal anda sudah benar memasukkan email beserta passwordnya.  Kondisi semacam ini memang biasa terjadi setelah smartphone mengalami factory reset. Yang perlu anda lakukan adalah tenang, tidak usah panik.

Silahkan simak dan terapkan cara mengatasi dan memperbaiki kasus tidak bisa login akun Google di Android, berikut ini. Tak hanya satu melainkan ada beberapa alternatif yang akan kami bagikan disini. Penasaran? Langsung saja simak selengkapnya.

Tips  Mengatasi dan Memperbaiki Tidak Bisa Login Akun Google Di Android

1. Dengan aplikasi Google Play Service

Google Play Service atau Layanan Google Play adalah komponen bawaan yang ada pada semua perangkat berbasis android. Sepintas, tidak akan terjadi apa-apa saat kita membuka aplikasi ini. Namun ternyata, aplikasi ini mempunyai beberapa fungsi penting seperti otentifikasi Google Service, sinkronisasi kontak, akses ke semua pengaturan pribadi, serta layanan berbasis lokal.
Jika anda tidak bisa masuk pada akun Google, maka download dan install ulanglah aplikasi Google Play Service kemudian cobalah kembali untuk masuk pada akun Google anda.

2. Mencocokkan sistem

Cara yang kedua ini membutuhkan root atau custom rom terlebih dahulu pada smartphone anda. Jika sudah, bukalah Root Explorer, buka folder System dan pilih Etc. Carilah file dengan nama hosts dan rename file tersebut. Setelah itu reboot smartphone dan cobalah masuk kembali pada akun Google anda.

3. Bersihkan cache

Pada smartphone anda, masuklah pada Pengaturan, buka Aplikasi kemudian pilih Kelola Aplikasi, pada tab Semua pilih Pengelola Akun Google dan klik Hapus Data atau Hapus Chache. Setelah itu,cobalah masuk kembali pada akun Google anda.

4. Setting waktu

Masuklah pada menu Pengaturan di smartphone anda. Pada bagian Sistem, pilih Tanggal & Waktu. Beri tanda centang pada Tanggal & Waktu Otomatis Gunakan waktu yang disediakan jaringan. Setelah itu, reboot smartphone anda dan cobalah masuk kembali pada akun Google.

5. Mengakses akun Google dari PC

Buka alamat https://play.google.com/store dari PC dan masuklah pada akun Google yang sama dengan yang biasa anda pakai pada smartphone. Setelah berhasil masuk, cobalah untuk masuk kembali melalui smartphone.

6. Periksa sistem operasi pada smartphone

Pastikan anda menggunakan versi terbaru dari sistem operasi yang tersedia. Buka menu Pengaturan pada smartphone, pilih Tentang Ponsel, tekan Pembaruan Sistem dan klik Periksa versi baru sekarang. Setelah selesai, cobalah untuk masuk kembali pada akun Google anda.

7. Periksa koneksi internet

Periksa APN dari operator SIM dan pastikan sudah diisi dengan benar jika anda menggunakan koneksi data. Anda bisa menggunakan WiFI untuk memeriksa apakah akun Google anda bisa diakses dengan normal atau tidak. Jika akun Google bisa diakses menggunakan WiFi, maka masalahnya ada pada jaringan kartu SIM anda. Gantilah dengan yang baru.

8. Hapus cache pada Layanan Google Play, Google Play Store, dan Pengelola Unduhan

Buka Pengaturan, masuk pada Aplikasi, pilih Kelola Aplikasi, pada tab Semua carilah Layanan Google Play, klik Hapus Data, Hapus Cache, atau Paksa Berhenti. Lakukan hal yang sama untuk Google Play Store dan Pengelola Unduhan. Setelah selesai semua, cobalah lagi untuk masuk pada akun Google anda.

9. Hapus dan tambahkan kembali akun Google

Pada smartphone anda, masuklan pada menu Pengaturan. Di bagian Akun, pilihlah Google dan sentuh akun yang bermsalah. Tekan tanda tiga titik di kanan atas, kemudian pilih Hapus Akun. Setelah itu kembalilah ke bagian Akun dan pilih Tambahkan Akun lalu tekan Google. Jika sudah, cobalah untuk masuk kembali pada akun Google anda.

10. Hapus pembaruan aplikasi dan update kembali.

Masuklah pada menu Pengaturan pada smartphone anda. Pilih Aplikasi kemudian Kelola Aplikasi, cari aplikasi Google yang bermasalah lalu tekan Copot pemasangan pembaruan dan klik OK. Jika sudah, lakukan pembaruan ulang untuk aplikasi tersebut dan cobalah untuk login lagi.

11. Unduh aplikasi Google dari website resmi Google Play Store melalui PC

Jika anda mengalami masalah saat mengunduh aplikasi Google melaui smartphone, anda bisa mengakses Google Play Store melalui PC dengan alamat https://play.google.com/store. Download dan install ulang aplikasi, setelah itu cobalah untuk login kembali.

Nah, itu dia tips yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi dan memperbaiki kasus tidak bisa login akun Google di Android.  Jadi, sekarang anda tak perlu panik lagi, jika tidak bisa mengakses akun google.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Mengatasi dan Memperbaiki Kasus Tidak Bisa Login ( Error ) Akun Google di Android"

  1. tetep gak bisa gan
    gak bisa masuk ke semua aplikasi internet, Walau sudah di reset ulang ke setelan pabrik

    ReplyDelete
  2. Sangat Membatu dan berhasil, terimakasih banyak....

    ReplyDelete
  3. MURAHQQ merupakan salah satu situs permainan kartu Online terbaik, aman dan terpercaya dengan persentase kemenangan yang tinggi saat ini di Indonesia. Situs ini juga menyediakan berbagai macam permainan kartu Online uang asli yang populer dengan sistem dan server stabil yang mudah di akses serta bonus kemenangan ratusan juta rupiah setiap hari

    ReplyDelete