Iklan

Cara Mudah Menghubungkan Stick PS2 dan PS3 ke Android Tanpa Root

cara menghubungkan stick ps2 ke android

Sebenarnya, semua game pada android bisa dimainkan hanya dengan memainkan layar sentuhnya. Namun jika anda menginginkan sensasi lain saat memainkan sebuah game pada android, tidak ada salahnya menghubungkan smartphone anda dengan gamepad atau stick. Bisa stick PS2 atau PS3. Nah mau tahu cara menghubungkan stick PS2 dan PS3 ke android? Berikut kami bagikan panduannya.

Yang anda harus lakukan pertama kali ialah memeriksa ketersediaan spesifikasi USB OTG pada smartphone anda. Kenapa? Karena USB OTG adalah syarat utama agar smartphone anda bisa menjadi hosting bagi perangkat lain yang dihubungkan. Cara mengecek ketersediaan USB OTG pada smartphone android adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan aplikasi
Aplikasi seperti USB OTG Checker, USB Host Check, Easy OTG Checker dan banyak lagi bisa anda cari dan unduh melalui Google Play Store. Aplikasi-aplikasi semacam ini akan membantu mengetahui ketersediaan fitur USB OTG pada smartphone anda. Namun anda tetap memerlukan sebuah kabel USB OTG meskipun sudah memakai aplikasi-aplikasi tersebut.

  1. Menggunakan flashdisk dan kabel USB OTG
Install ES File Explorer atau FX File Explorer pada smartphone anda untuk menjelajalah file-file pada flashdisk yang akan dihubungkan nantinya. Pada beberapa smartphone seperti misalnya Samsung, anda cukup menggunakan file manager bawaan.

Setelah itu, hubungkan flashdisk dengan smartphone via kabel USB OTG. Akan lebih baik jika anda menggunakan flashdisk berkapasitas 2 GB dengan format FAT32. Apakah boleh menggunakan flashdisk dengan format NTFS? Boleh saja, namun tidak semua smartphone android bisa membaca flashdisk dengan format NTFS. Agar lebih meyakinkan, pakailah flashdisk yang berformat FAT32 saja.

Jika smartphone android anda memang memiliki spesifikasi USB OTG, maka file-file dalam flashdisk akan bisa anda baca melalui aplikasi penjelajah file atau file manager bawaan smartphone.

  1. Menggunakan flashdisk khusus USB OTG.
Yang termasuk dalam flashdisk jenis ini misalnya adalah SanDisk Ultra Dual USB Drive. Flashdisk USB OTG mempunyai dua buah konektor yaitu konektor USB 2.0 biasa dan konektor micro USB. Dengan konektor micro USB inilah anda bisa langsung menancapkan flashdisk pada smartphone tanpa bantuan kabel apapun. Bila memang smartphone anda mempunyai fitur USB OTG, maka file dalam flashdisk akan bisa langsung dibaca.



Nah, setelah anda mengetahui bahwa smartphone anda mempunyai fitur USB OTG, sekarang saatnya anda mulai menyambungkan stick PS2 atau PS3 pada smartphone anda. Beberapa caranya adalah sebagai berikut.

  1. Cara Menghubungkan Stick PS2 ke Android Untuk HP yang sudah Root
·       Pastikan Hp android anda sudah support OTG


·       Siapkan 1 unit stick ps2


·       Kabel OTG 1 unit


·       Konverter stick PS2 untuk menyambungkan ke USB


·       Download aplikasi USB/BT Jointer melalui Google Play Store anda

Setelah persiapan diatas sudh terpenuhi maka selanjutnya tinggal melakukan cara menyambungkan ke android anda. Beginilah cara menghubungkan stik ps2 ke android yang mudah.

  • Pertama yaitu instal aplikasi USB/BT Jointer. Jangan dibuka dulu

  • Lalu konekkan stick ps2 ke converter USB dulu

  • Selanjutnya hubungkan kabel USB nya ke HP android

  • Setelah itu buka aplikasi USB/BT Jointer , selanjutnya tekan menu ON IMEI

  • Kemudian klik search , pastikan muncul driver ex ps2 kemudian pilih driver tersebut. Maka selanjutnya akan muncul menu mapping key. Selanjutnya minimalkan saja dengan menekan tombol home.

  • Selanjutnya tinggal memainkan game.
Catatan : Stick Ps2 hanya dapat digunakan untuk memainkan game di emulator seperti PPSSPP Android , Epsxe dan emulator android lainnya.

  1. Cara Mudah Menyambungkan Stick Ps 3 ke Android
    • Download dan install aplikasi Sixaxis Enabler

    • Cek kesesuaian firmware android dengan stick PS3. Umumnya, mulai dari versi 3.0, android sudah dilengkapi dengan Human Interface Device atau HID untuk menjalankan fungsi keyboard, mouse serta gamepad atau stick. Meskipun demikian, ada beberapa produsen yang memang tidak menyertakan HID dalam produknya. Sedangkan pada smartphone yang sudah dilengkapi HID pun kadang juga tidak bisa dijalankan. 
Berikut adalah beberapa perangkat android yang bisa dihubungkan dengan stick PS3 melalui aplikasi Sixaxis Enabler menurut Google Play Store :

Nexus 7 2012/2013, Nexus 5, Nexus 10, Samsung Galaxy Note 2/3/4/5, Samsung Galaxy S3/S4/S5, Samsung Galaxy Note 8.0, Samsung Galaxy Note 10.1 Original/2014, Samsung Galaxy Tab Pro 8.4, Samsung Galaxy Tab3 8.0, LG G2/G3, LG G Pad 8.3, Motorola XOOM, Minix Neo X5

    • Jalankan aplikasi Sixaxis Enabler

    • Sambungak stick PS3 dengan mini kabel USB dan hubungkan pada smartphone android melalui kabel USB OTG

    • Klik OK bila muncul pertanyaan apakah anda mengijinkan Sixaxis Enabler mengakses USB

    • Tekan tombol berlogo PS pada stick PS3 setelah dilayar smartphone anda muncul STATUS : Sixaxis connected, please tap (PS) button.

    • Setelah itu akan muncul STATUS: SIXAXIS ENABLED. Tunggulah sampai keempat lampu pada stick PS3 berhenti berkedip dan hanya satu lampu yaitu LED nomor satu saja yang menyala.

    • Bila telah muncul STATUS: SIXAXIS ENABLED!! Please try button and stick, maka anda telah berhasil menghubungkan stick PS3 pada smartphone android anda.    

    • Selanjutnya, pilihlah game yang mendukung penggunaan gamepad atau stick untuk dimainkan.

    • Pada game yang ingin anda mainkan, masuklah ke Setting kemudian pilih Control. Jika terdapat pesan Gamepad Not Found, tekan beberapa tombol pada stick PS3 anda sampai muncul pesan View Gamepad. Klik pesan tersebut untuk mengetahui mapping dari game yang akan anda mainkan tersebut.

Untuk menggunakan stick PS2, selain membutuhkan sebuah kabel USB OTG,  anda juga memerlukan sebuah converter yang bisa mengubah fungsi stick PS2 menjadi seperti PS3 atau yang biasa disebut PS2 to PS3 Converter Stick. Setelah itu, anda bisa menggunakannya dengan cara sama seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Demikianlah diatas cara mengkoneksikan stick PS2 dan PS3 ke android. Tidak sulit bukan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mudah Menghubungkan Stick PS2 dan PS3 ke Android Tanpa Root"

Post a Comment