Iklan

Cara Agar Tombol Power dan Volume HP Android Bisa Awet serta Selalu Dalam Kondisi Prima

cara agar tombol android awet

Selubun : Tombol fisik pada smartphone seperti tombol power dan volume adalah yang paling sering digunakan para pengguna smartphone. Tak heran jika kedua tombol ini lebih cepat rusak. Namun sebenarnya, ada beberapa cara agar tombol power dan volume bisa awet, yakni dengan mengurangi intensitas penggunaannya. Bagaimanakan caranya?

Mematikan dan menghidupkan layar tanpa tombol apapun

Download dan install aplikasi Gravity Screen Off pada smartphone anda. Dengan aplikasi ini, layar akan mati secara otomatis ketika anda memasukkan smartphone ke dalam tas atau kantong celana. Tak hanya itu, layar juga otomatis mati hanya dengan membalikkan layarnya di atas meja atau benda datar lainnya. Untuk menghidupkannya lagi, anda cukup mengeluarkannya dari kantong atau membaliknya kembali.

Aplikasi ini memang sangat membantu untuk mengurangi intensitas penggunaan tombol power, namun kelemahannya adalah banyaknya pemakaian sumber daya baterai untuk menjalankan Gravity Screen Off. Ini disebabkan karena aplikasi ini mengambil manfaat dari sensor yang sudah ada pada smartphone anda.

Memanfaatkan custom rom

Jika smartphone android anda dalam status custom rom atau root, anda bisa menggunakan spesifikasi Double Tap Status Bar To Sleep. Spesifikasi ini memungkinkan anda untuk mematikan layar smartphone hanya dengan menyentuh status bar sebanyak dua kali. Anda yang sudah menginstall aplikasi Gravity Box juga bisa menggunakan fitur Double Tap Status Bar to Sleep.

Menggunakan aplikasi Volume ChopCUT

Pertama-tama anda install terlebih dulu sebuah aplikasi bernama Volume ChopCUT. Dengan aplikasi ini, anda bisa mengontrol volume smartphone melalui notifikasi pada bar saja. Fitur-fitur yang terdapat pada Volume ChopCUT ini diantaranya adalah :

1. Basic Notification
Fitur ini memberi beberapa pilihan tampilan pada jendela notifikasi untuk volume media, nada dering, alarm dan panggilan telepon.

2. Extended Notifcation
Extended Notification mempunyai tampilan yang lebih menarik dari Basic Notification. Cukup menarik turun bar notifikasi serta klik pada volume maka akan muncul tombol atas dan bawah untuk mengontrol suara.

3. Floating Widget
Fitur yang satu ini akan tetap muncul walaupun anda membuka aplikasi lain pada smartphone sehingga suara akan lebih mudah diatur.

4. Floating Equalizer
Floating Equalizer memiliki fungsi untuk pengaturan equalizer dengan tampilan melayang sehingga mudah diakses.

Menggunakan tombol kamera untuk menghidupkan layar

Tombol kamera yang bisa difungsikan untuk menghidupkan layar ini hanya dimungkinkan untuk anda pengguna custom rom cm 11.

Nah, sekedar info tambahan buat anda, berikut akan kami bagikan pula beberapa fungsi dari tombol volume maupun tombol power yang dikombinasikan dengan tombol lain.

1. Mengunci layar smartphone
Selain untuk menyalakan dan mematikan layar, tombol power juga bisa mengunci layar smartphone anda jika lockscreen sudah diaktifkan. Lockscreen yang sudah aktif akan membuat layar terkunci otomatis setelah padam. Namun, anda juga bisa mengunci layar dengan menekan tombol power.

2. Airplane mode dan restart mode
Tekan dan tahan tombol power selama 5 detik maka akan muncul tiga pilihan yaitu matikan smartphone, matikan dan nyalakan kembali (restartmode) serta mode pesawat (airplane mode).

3. Screenshot
Untuk menangkap langsung tampilan pada layar, anda bisa menekan tombol power dan tombol volume bagian bawah secara bersamaan dan tahan sampai tampilan layar berhasil ditangkap. Pada beberapa jenis smartphone anda bisa menekan tombol power dan tombol home secara bersamaan untuk menangkap tampilan layar.

4. Recovery mode
Recovery mode dapat melakukan banyak hal seperti penghapusan data dan cache serta menjalankan update dari android debug brigde. Untuk anda yang ingin menggunakan custom rom, maka perlu untuk mengganti recovery mode bawaan smartphone dengan custom recovery terlebih dahulu.
Untuk masuk pada recovery mode, tekanlah tombol power bersamaan dengan tombol volume atas. Pada beberapa smartphone, anda harus menekan tombol power, tombol volume atas serta tombol home untuk bisa masuk pada recovery mode.

5. Safe mode
Safe mode bisa digunakan untuk menghapus virus atau membuat kinerja smartphone menjadi lebih ringan dan lancar. Untuk masuk pada safe mode, anda hanya perlu menekan tombol power dalam keadaan mati, lalu menekan tombol volume atas dan bawah secara bergantian.

6. Download mode
Download mode berfungsi untuk melakukan restore pada sistem jika terjadi kerusakan. Namun spesifikasi ini tidak terdapat pada semua smartphone. Cara untuk masuk pada download mode adalah dengan menekan tombol power, tombol volume atas dan tombol home secara bersamaan ketika smartphone dalam keadaan mati.

7. Mengakhiri panggilan
Selain mengakhiri panggilan melalui layar smartphone, anda juga bisa mengatur agar bisa mengakhiri panggilan melalui tombol power. Masuklah terlebih dahulu pada menu Setting, pilih Accessibility, carilah opsi Power Button to Ends Call dan lakukan pengaturannya.


Nah, itulah beragam cara agar tombol power dan volume bisa awet. Mulai sekarang silahkan diaplikasikan pada smartphone anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Agar Tombol Power dan Volume HP Android Bisa Awet serta Selalu Dalam Kondisi Prima"

Post a Comment