Iklan

Cara Menyambungkan Modem di HP Android Tanpa Root

Cara Menyambungkan Modem di HP Android Tanpa Root

Sudah bukan rahasia lagi jika akses internet sangat dibutuhkan di era modern ini. Dan untuk bisa mengaksesnya, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menyambungkan smartphone android pada modem. Apakah bisa? Jawabannya tentu bisa.

Nah, jika anda belum tahu caranya, berikut kami bagikan panduan cara menyambungkan modem di HP Android, serta kekurangan dan kelebihan memakai smartphone sebagai modem. Silahkan disimak!

Panduan Menyambungkan Modem di HP Android

1. Cara menyambungkan modem di HP Android dengan menggunakan modem USB Huawei

Terdapat beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika menyambungkan modem USB dengan smartphone Android. Salah satunya adalah Anda bisa memakai simcard dalam modem sebagai jembatan untuk menyambungkan koneksi internet.

Sebagai prakteknya Anda dapat memakai modem USB Huewei untuk berselancar seperti saat menggunakan simcard. Panasaran? Yuk, simak cara menyambungkan modem di HP Android dengan menggunakan modem USB Huawei berikut ini!  

· Pastikan modem Huawei E153U Anda sudah unlocked. Apabila belum, Anda dapat membelinya via online atau di toko komputer.

· Setelah itu, tancapkan modem pada laptop atau komputer Anda. Lalu ikuti instruksi untuk menginstall driver pada PC Anda.

· Apabila telah terinstall driver, maka langkah selanjutnya adalah membuka TeraTerm Pro atau Hyper Terminal, kemudian carilah port com yang digunakan untuk modem. Biasanya ada 2, namun Anda dapat menggunakan salah satunya saja.

· Lalu ketiklah “ATZ di U2diag ^ = 0”, kemudian tekan enter. Jika Anda tidak mendapatkan pesan “OK”, maka silahkan restart TeraTerm Pro atau Hyper Terminal, dan ulangi sekali lagi langkah di atas, kemudian tekan enter.

· Setelah itu, Anda akan melihat tulisan “OK” pada tampilan layar PC Anda. Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencabut modem tersebut dari PC.

· Langkah berikutnya, silahkan Anda tancapkan modem pada smartphone Android. Tunggu hingga muncul sinyal bar pada bagian atas task bar.

· Selanjutnya masuk ke Settings, pilih Wireless & Network, tekan Mobile Networks dan klik Network Operators.  Kemudian smartphone mencari signal 3G yang berada di sekitarnya. Setelah itu, silahkan pilih operator jaringan Anda dari daftar tersebut.

· Masuk ke Settings, pilih APN (Access Point Name), kemudian tekan tombol menu. Silahkan pilih New APN serta masukkan.

· Apabila telah selesai, silahkan pergi ke bawah, kemudian lihatlah apakah nomor PKS serta MNC telah muncul, jika belum, maka masukkan lagi APN dan simpan.

· Langkah terakhir, klik APN Anda untuk mengaktifkannya, kemudian tunggu sampai muncul logo 3G.

· Jika logo 3G sudah muncul, maka Anda pun dapat menikmati berselancar dengan memakai modem pada smartphone Android.  



2. Cara menyambungkan modem di HP Android dengan menggunakan kabel OTG

Kabel OTG memiliki beberapa kegunaan, antara lain menyalin berkas dari card reader dan flashdisk. Selain itu, fitur OTG juga dapat mengalokasikan program dari USB ke smartphone Android, yaitu meliputi mouse, stick game PC, keyboard portable, dan modem.

Nah, berikut ini cara menyambungkan modem di HP Android dengan menggunakan kabel OTG. Silahkan disimak!

· Pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan jika smartphone Android Anda telah dalam keadaan root dan diversi 5 ke atas.

· Kemudian silahkan download aplikasi PPP Widget.

· Setelah itu, hubungkan kabel OTG dengan smartphone Android. Silahkan tunggu sampai lampu LED pada modem berkedip.

· Pada Homescreen smartphone, tambahkan widget dari PPP Widget. Setelah itu akan muncul kotak dialog perijinan superuser, pilih ijinkan. Apabila terdapat tombol Connect pada widget, artinya smartphone Android dapat memakai modem dengan fitur OTG. Namun, apabila tidak ada, maka smartphone tidak mendukung cara menyambungkan modem di HP Android melalui kabel OTG ini.

· Sebaiknya Anda menekan tombol Configure guna mengatur akses poin sebelum menekan tombol Connect. Setelah selesai mengatur akses poin, silahkan kembali dan klik Connect.

· Sekarang Anda bisa mengakses internet dengan menggunakan modem. Selesai.  

Setelah Anda mengetahui beberapa cara menyambungkan modem di HP Android, maka Anda juga perlu memahami tentang kekurangan serta kelemahan memakai smartphone Android sebagai modem. Nah, berikut ini kekurangan dan kelebihan memakai smartphone sebagai modem. Silahkan disimak!

   1. Kekurangan memakai smartphone sebagai modem

· Apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, akan membuat umur baterai Android menjadi pendek. Hal ini dikarenakan overheating serta beban kerja yang berat pada perangkat ketika digunakan sebagai modem.

· Baterai smartphone Android akan cepat terkuras habis.

 2. Kelebihan memakai smartphone sebagai modem

· Tergolong murah dan cepat

· Simpel dan mudah untuk digunakan

· Paket lengkap, yaitu dapat digunakan sebagai handphone, modem wifi, modem usb serta bisa dipakai berselancar di dunia maya secara langsung.

Demikianlah beberapa cara menyambungkan modem di HP Android serta kekurangan dan kelebihan memakai smartphone sebagai modem. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyambungkan Modem di HP Android Tanpa Root"

Post a Comment