Iklan

2 Cara Menghubungkan Mouse ke Android + Gambar

Selubun : Topik yang akan dibahas kali yaitu tentang Cara Mudah Menyambungkan Mouse ke Android . Siapa yang tidak suka dengan ponsel Android ? Ponsel Android memiliki banyak keunggulan yang belum ada divendor lain. Dari bisa dihubungkan dengan Smart TV , Smart Wacth , PC , dan perangkat wereable lainnya. Sungguh luar biasa kecanggihannya.

Namun dikesempatan ini saya ingin memberikan cara bagaimana menghubungkan mouse ke Android .  Bagi yang belum tahu tutorialnya . kalian bisa melihat tutorialnya dibawah ini + gambarnya . Sebenarnya ada 2 cara yang akan saya bahas dipertemuan ini. Caranya sebagai berikut.

  1. Cara pertama : Menggunakan Mouse Bluetooth.
  2.  Cara kedua : MenggunakAn Mouse Kabel.
Dari 2 cara diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lihat penjelasannya dibawah.

  • Cara Pertama : Jika menggunakan cara pertama , kelebihannya yaitu simpel dan tidak ribet. Karena cara pertama ini hanya menggunakan sebuah Mouse bluetooth dan adapternya ( biasa adapter sudah 1 paket dengan penjualan ) dan kabel OTG. Lalu dengan cara ini , daya ponsel anda tidak akan terkuras , karena mouse bluetooth sudah memiliki daya sendiri , beda dengan mouse kabel.
  • Cara kedua : Untuk cara yang kedua ini , sebenarnya juga praktis . Seperti halnya cara yang pertama yaitu menggunakan mouse kabel saja dan kabel OTG. Kelebihannya pada cara kedua yaitu alat yang dibutuhkan sedikit. Namun kekurangan memakai cara ini , maka baterai ponsel anda akan habis lebih cepat . Dikarenakan , mouse kabel ini tidak mempuyai daya sendiri melainkan mengambil daya dari ponsel anda tersebut.
Tutorial Cara Pemasangan

Alat yang dibutuhkan :
  1. Ponsel Android.
  2. Kabel USB .
  3. Mouse Kabel atau Bluetooth.
  4. Ponsel support OTG.

Cara Pemasangan :
  1. Jika bahan-bahan diatas sudah disiapkan , tahap pertama yaitu menyambungkan kabel OTG ke ponsel Android anda. 
    cara menyambungkan mouse ke android
  2. Setelah kabel OTG telah tertancap diponsel kamu , tahap selanjutnya yaitu menghubungkan mouse ke kabel OTG. Bisa mouse kabel atau mouse bluetooth
  • Jika menggunakan mouse kabel , langsung saja hubungkan mousenya ke port OTG . Otomatis ponsel kamu akan mendetect sendiri.
  • Maka jika menggunakan mouse bluetooth , hubungkan dulu adapter bluetoothnya ke port OTG.

  • konek mouse to androidmenghubungkan mouse bluetooth ke android
 3. Maka tanda jika bluetooth sudah terkonek dengan ponsel , yaitu muncul kursor panah dilayar layaknya seperti di PC.

TUTORIAL HUBUNGKAN MOUSE KE ANDROID

Catatan : Gambar diatas diambil melalui screenshot , jadi kursor panah tidak kelihatan , namun buti sudah konek seperti diatas. Muncul garis kotak hijau di menu home.
Cara diatas sudah saya praktekan sendiri di ponsel saya Xperia Z Ultra . Tidak ada kendala apapun , lancar jaya saat digunakan.

  • Selain bisa dihubungkan dengan mouse , Android juga bisa dihubungkan dengan keyboard , stick ps3 . Mungkin akan dibahas tutorial dipertemuan depan . Semoga tutorial ini membantu bagi kalian yang belum faham. Dan jika ada yang belum faham step diatas , silahkan komentar dibawah ini. Sekian dan terima kasih


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Cara Menghubungkan Mouse ke Android + Gambar"

Post a Comment