Iklan

Cara Mengatasi Data Selular yang Tidak Muncul di Android dengan Mudah

mengatasi data android yang hilang dan tidak mau muncul

Selubun : Dewasa ini, jaringan internet merupakan salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, selain menggunakan fasilitas wi-fi, kita juga memakai paket data/internet dari provider untuk dapat terhubung dengan jaringan internet. Dan untuk dapat berinternetan dengan paket data, tentunya kita   membutuhkan sinyal.

Akan tetapi, apa jadinya jika tiba-tiba data selular hilang atau tidak muncul? Pastinya akan membuat kita kesal dan bete. Apalagi jika waktu itu, kita sedang asyik-asyiknya main game online atau chatting dengan gebetan nan jauh disana. Lantas, jika seperti itu, apa yang harus dilakukan? Nah sebaiknya simak penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android berikut ini. Agar jika sewaktu-waktu mengalami hal diatas, bisa menanganinya.

Penyebab Data Selular yang Tidak Muncul di Android


Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab data selular hilang atau tidak muncul pada Android. Apa saja?

1. Umumnya data selular tidak terdeteksi dikarenakan adanya gangguan dari operator
2. Data seluler tidak terdeteksi smartphone karena menggunakan nomor SIM baru
3. Akibat dari kartu yang terblok karena keseringan memakai internet gratis yang tidak semestinya
4. Kerusakan pada hardware, baik karena jatuh atau hal lainnya. Apabila sudah berhubungan dengan hardware, maka Anda dapat berkonsultasi dengan service center
5. Anda baru menginstal Android custom Rom atau versi Android baru

Cara Mengatasi Data Selular yang Tidak Muncul di Android 

Setelah mengetahui beberapa penyebab data selular hilang atau tidak muncul pada Android, kini saatnya Anda untuk mencari cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android. Dan berikut ini kami bagikan beberapa caranya.

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android yang pertama adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode). Cara ini merupakan cara paling sederhana dan termudah.

Anda dapat mengaktifkan mode pesawat pada bar notifikasi atau mengaturnya pada setelan (Settings) Android. Setelah mode pesawat telah aktif, tunggulah selama beberapa saat, lalu Anda dapat mematikan mode pesawat tersebut. Apabila masih belum berhasil, Anda dapat me-restart Android untuk mengembalikan data seluler.

2. Menggunakan Paket Data

Apa gunanya jaringan yang cepat jika paket data selularnya terputus. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android adalah dengan menggunakan paket data. Pastikan Anda sudah mengaktifkan paket data. Caranya sangat mudah, Anda tinggal masuk pada bagian Settings, pilih Mobile Networks, kemudian centang Use Packet Data.

Apabila data selular masih belum muncul juga, maka Anda dapat mematikan Android, lalu lepaskan kartu SIM. Setelah itu, pasang kembali kartu SIM Anda dengan benar dan nyalakan Android Anda. lalu lihat, apakah data selular-nya sudah muncul kembali atau belum.

3. Membuat APN (Access Point Name) Baru

Cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android yang selanjutnya adalah dengan membuat APN (Access Point Name) baru atau merubah APN. Caranya cukup mudah, silahkan masuk ke Settings, pilih Mobile Networks, kemudian klik Access Point Names. Setelah itu, silahkan buat APN baru dengan cara memilih New APN. Kemudian masukan APN sesuai Provider kartu selular Anda.

Setelah Anda mengisi APN baru yang sesuai dengan data APN operator masing-masing, maka Anda tinggal menekan tombol back. Tak lama kemudian, Anda akan mendapati sinyal paket data telah muncul kembali.

4. Membeli Kartu Baru

Langkah ini digunakan khusus bagi pengguna kartu yang terblok karena terlalu sering memakai internet gratis yang tidak semestinya. Cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android  akibat masalah ini adalah dengan membeli kartu baru guna mengganti kartu yang terblok. Mudah, bukan? Biasanya dengan mengganti kartu, maka data seluler akan muncul kembali karena yang terblok bukan Androidnya melainkan kartunya.

Apabila Anda tidak ingin menggunakan kartu baru, Anda dapat mengatasi masalah hilangnya data seluler dengan mengaktifkan paket internet pada kartu Anda. Sebaiknya Anda memilih yang murah dan menggunakan datanya.

5. Melakukan Hard Reset

Melakukan Hard Reset merupakan salah satu cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android. Namun, sebaiknya sebelum melakukan hard reset, Anda backup terlebih dahulu semua data pada Android guna menghindari terhapusnya data-data penting akibat reset.

Setelah itu, Anda dapat masuk pada setelan dan memilih mode recovery Android. Selain itu, Anda juga dapat menahan tombol volume down serta power dengan bersamaan selama beberapa saat untuk masuk ke mode recovery. Lalu pilihlah clear all cache dan data. Apabila telah selesai, Anda dapat me-reboot smartphone Android Anda. kemudian ceklah data selular-nya, apakah sudah muncul kembali atau tidak.

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa penyebab serta cara mengatasi data selular yang tidak muncul di Android yang dapat Anda coba untuk mengembalikan data selular pada Android. Semoga masalah hilangnya data selular Anda dapat segera terpecahkan dengan beberapa cara di atas. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Data Selular yang Tidak Muncul di Android dengan Mudah"

Post a Comment