Iklan

Tips Mempercepat Koneksi Wifi HP Android Agar Tidak Lemot dan Stabil


Selubun : Pada era digital ini, internet merupakan salah satu kebutuhan yang penting. Untuk mengakses internet, maka diperlukan koneksi jaringan, baik paket data atau wifi. Namun, tak jarang koneksi internet wifi menjadi lemah atau lemot. Hal ini tentu sangat menyebalkan.
Nah, untuk mengatasi masalah lemotnya koneksi internet wifi, maka sebaiknya Anda  simak dan terapkan beberapa tips mempercepat koneksi wifi HP Android berikut ini. Silahkan disimak!


1.     Install Wifi Switcher

Mempercepat wifi di android dengan aplikasi yaitu dengan mengunduh aplikasi Wifi Switcher. Apabila Anda search pada Google Play Store, terdapat beberapa aplikasi dengan nama yang sama. Oleh karena itu, pastikan untuk meng-install Wifi Switcher dari pengembang Cloudie Development.

Jika Anda menggunakan smartphone Android Marsmallow atau yang lebih tinggi, maka Anda perlu memberikan izin pada Wifi Switcher untuk mengakses lokasi ketika pertama kali Anda membukanya. Hal ini dikarenakan, terdapat bug pada Marsmallow yang tidak memungkinkan aplikasi untuk memindai wifi tanpa izin. Maka dari itu, pastikan Anda menekan Allow ketika diminta.

Setelah izin diberikan, Anda akan langsung menuju halaman utama yang berisi daftar wifi di sekitar Anda. Untuk itu, pastikan Anda telah menyambungkan smartphone pada semua jaringan wifi yang ada. Apabila daftar wifi tidak muncul pada Wifi Switcher, cukup lakukan refresh dengan menarik ke bawah.

Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah mencentang jaringan wifi yang Anda pilih. Kemudian Wifi Switcher akan memastikan jika perangkat hanya menghubungkan pada jaringan yang ditandai sebagai “Preferred”.

Setelah Anda selesai menandai jaringan wifi, selanjutnya tetapkan batas kekuatan wifi supaya perangkat dapat berpindah dari satu router atau repeater atau sebelum perangkat Anda terhubung pada wifi yang lebih kuat. Caranya, Anda tinggal menekan tombol tiga titik pada sudut kanan atas, kemudian buka menu Settings

Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan opsi Ask Before Switching guna mendapatkan notifikasi saat jaringan akan berpindah. Bukan hanya itu saja, terdapat Show Full SSID yang akan membantu apabila router wifi mempunyai nama yang sangat panjang.


2.     Pastikan Status Sinyal Penuh

Nah, tips selanjutnya untuk mempercepat koneksi wifi HP Android adalah dengan hanya memilih sinyal wifi yang full bar. Dengan begitu, diharapkan  akan mempercepat koneksi internet serta tidak akan mengganggu aktivitas browsing Anda. Cara ini merupakan tips mempercepat koneksi wifi HP Android yang paling mudah, tanpa perlu rooting smartphone Android Anda.

3.     Menggunakan Aplikasi Browser Berkualitas

Tips mempercepat koneksi wifi HP Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi browser berkualitas dan terbaik. Browser tersebut antara lain bisa Google Chrome, Opera mini, Mozilla Firefork, serta Uc Browser.
Nah, jika anda menggunakan chrome, salah satu keunggulan adalah tampilannya yang enak dipandang serta kemampuannya dalam menampilkan konten web dengan jelas. Selain itu, terdapat fitur penghemat data yang dapat Anda aktifkan guna meminimalisir munculnya tampilan iklan.

4.     Membersihkan Cache dan History

Membersihkan Cache dan History pada browser merupakan salah satu tips mempercepat koneksi wifi HP Android. Walaupun terbilang trik lawas, tetapi dengan menghapus cache serta history, maka kinerja perangkat Anda dalam mengakses internet wifi akan semakin cepat. Anda dapat menggunakan aplikasi cleaner, seperti Clean Master untuk menghapus cache secara massal pada semua aplikasi.

Namun, apabila Anda hanya ingin menghapus cache pada browser, silahkan menuju ke Setelan, lalu pilih Aplikasi, kemudian pilih browser yang Anda gunakan, setelah itu tekan Bersihkan Cache.

5.     Gunakan Aplikasi Speed Up Internet

Anda dapat memanfaatkan aplikasi Speed Up Internet untuk mempercepat koneksi wifi HP Android. Dengan menggunakan aplikasi Speed Up Internet akan memberikan kecepatan sampai 50%.

6.     Tentukan Tempat Terdekat Dengan Router

Salah satu satu agar koneksi wifi android tidak lelet yang dapat anda gunakan saat berada di wifi publik adalah mencari tempat terdekat dengan router. Bukan rahasia lagi, jika jarak sangat berpengaruh dengan kecepatan koneksi internet dari router menuju perangkat Android. Pada dasarnya, semakin dekat anda dengan router, maka koneksi wifi pun semakin kencang. 

7.     Menggunakan Aplikasi Penyetabil Jaringan

Anda dapat menggunakan aplikasi penyetabil jaringan, seperti “Connection Stabilizer Booster” untuk mempercepat koneksi wifi HP Android. Aplikasi ini dapat Anda download secara gratis pada Play Store. Terdapat beberapa aturan yang memang dikhususkan untuk membuat jaringan stabil, yaituactive reconnect dan active keep alive. Keduanya dapat Anda aktifkan untuk mempercepat koneksi wifi pada smartphone Anda secara bersamaan.


Demikianlah diatas beberapa tips agar beowsing lancar menggunakan wifi android yang dapat Anda terapkan. Dengan koneksi internet wifi yang cepat, maka akan membuat Anda semakin nyaman dalam berselancar di dunia maya ataupun live streaming. Semoga informasi ini bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mempercepat Koneksi Wifi HP Android Agar Tidak Lemot dan Stabil"

Post a Comment